Selasa, 09 Maret 2010

Banjir di sungai pegunungan menoreh

Pada hari Minggu, 7 Maret 2010, hujan lebat mengguyur DI Yogyakarta khususnya bagian barat. Hujan disertai petir ini mengguyur mulai pukul 19.00. Aku bertempat tinggal di kecamatan Girimulyo, yang berlokasi di kaki bukit pegunungan menoreh, Kulon Progo yang menjadi perbatasan dengan Kabupaten Purworejo.
Hujan mengguyur dari pukul 19.00 hungga 21.00, meskipun hanya sebentar, tetapi telah mengakibatkan banjir yang baru kulihat dengan mata kepalaku sendiri sejak aku lahir.
Tepatnya pkul 20.00, aku mendengar suara gemuruh, seperti suara pesawat terbang. Tapi, mustahil ada pesawat yang berani melewati cuaca buruk ini. Aku pun keluar rumah, kulihat dari jauh ada air meluap dengan warna kecoklat-coklatan (terlihat saat ada kilatan cahaya petir). Aku mengambil payung dan senter lalu mendekat,dan ternyata itu merupakan luapan air sungai. Sungai dengan lebar lebih kurang 100 meter dan kedalaman 5 meter itu pun meluap, hingga hampir menerjang pemukiman. Sawah-sawah dan pohon-pohon besar pun hanyut terbawa arus.
Tapi aku masih bersyukur, ketika semua warga berkumpul untuk berjaga-jaga, tidak ada korban jiwa. Kerugian hanya berupa materi saja. Ini Foto-foto yang kuambil setelah bajir sudah surut.

Sebelum banjir:


Sesudah banjir:





Lindungilah kami, ya Tuhan... Jauhkanlah dari segala cobaan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar