Selasa, 08 Juni 2010

Mimpi Shimizu Manfaatkan Bulan Sebagai Ladang PLTS

Shimizu, sebuah perusahaan konstruksi di Jepang, membuat sebuah konsep mega proyek untuk menghasilkan energi listrik yang berlimpah bagi bumi. Jika beberapa perusahaan Jepang berencana membuat pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang di luar angkasa, maka mimpi mega proyek Shimizu adalah melapisi permukaan bulan dengan ladang panel surya.

Luna Ring, nama proyek tersebut menggambarkan adanya cincin yang akan mengelilingi permukaan bulan. Cincin yang terbuat dari solar panel tersebut tidak membutuhkan material dari bumi melainkan memanfaatkan kandungan mineral dalam tanah yang ada di bulan. Selain sebagai material untuk membuat sel surya, menurut perusahaan tersebut, sifat fisik dan kimia tanah di bulan juga bisa dimanfaatkan sebagai keramik, kaca, beton, bahkan bisa digunakan untuk menghasilkan oksigen dan air.

Awalnya lebar cincin akan hanya beberapa kilometer, tetapi bisa diperlebar hingga 400 kilometer dengan panjang 11.000 kilometer untuk menjamin energi surya tetap dapat diserap secara optimal. Listrik yang dihasilkan dari ladang panel surya akan dikirim melalui jaringan listrik ke sebuah fasilitas transmisi di sisi lain bulan dan selalu mengarah ke bumi.

Fasilitas transmisi tersebut terdiri fasilitas pemancar microwave dengan diameter antena mencapai 20 kilometer serta proyektor laser. Fasilitas tersebut bertugas mengirimkan listrik yang dihasilkan melalui gelombang mikro dan laser yang diterima oleh fasilitas penerima yang ada di bumi.

Menurut Shimizu, salah satu keuntungan terbesar dari Luna Ring adalah energi akan dihasilkan terus menerus selama 24 jam, karena tidak adanya atmosfir sehingga tidak ada cuaca atau awan yang mengurangi efisiensi panel surya. (planethijau.com/ humasristek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar